Cara Menyembuhkan Sariawan

       Sariawan adalah suatu penyakit yang menyerang bagian dalam pada mulut yang berupa bercak putih, biasanya terdapat pada bibir bagian dalam, gusi, langit-langit mulut dan pada pipi bagian dalam. Jika sariawan menyerang, maka penderitanya rentan akan kehilangan nafsu makan, sariawan juga dapat menimbulkan bau mulut yang akan sangat menggannggu pada saat berbicara dengan orang lain. Bibir pecah-pecah dan bibir terlihat kering adalah merupakan beberapa dari gejala sariawan. Faktor penyebab sariawan bermacam-macam seperti :



-          Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang panas.
-          Kurangnya mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung Vitamin C (buah jeruk, tomat dan lain-lain).
-          Kurangnya kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi.
-          Kurangnya mengkonnsumsi sayur-mayur.
-          Sistem kekebalan tubuh yang rendah.
-          Adanya masalah dalam sistem pencernaan.
-          Dan lain-lain.


      Kaum wanita biasanya lebih mudah terserang sariawan. Hal ini disebabkan pengaruh kondisi hormon pada wanita saat menjelang dan pada saat haid. Sariawan sebenarnya dapat sembuh dan hilang dengan sendirinya namun dalam jangka waktu yang cukup lama yaitu 10-14 hari. Nah, bagi anda yang sedang terserang sariawan dan anda tidak mau menunggu lama untuk menyembuhkannya ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menyembuhkan sariawan. Beberapa cara menyembuhkan sariawan tersebut antara lain sebagai berikut :

1.       Menggunakan Buah Adas, Kayu manis dan Kunyit
      Siapkan buah Adas sebanyak 15 gram, kayu manis sebanyak 15 gram dan kunyit sebanyak 10 gram. Cuci bersih semua bahan tersebut kemudian tumbuk atau hancurkan sampai halus semua bahan tersebut. Rebuslah semua bahan tersebut dengan 4 gelas air sampai airnya tersisa hingga kira-kira 2 gelas saja, kemudian dinginkan. Minumlah ramuan tersebut dua kali sehari dengan takaran setengah gelas sekali minum.

2.       Berkumur Dengan Air Garam
      Cara ini adalah salah satu cara yang cukup mudah untuk dilakukan. Siapkan 1-2 sendok garam, lalu siapkan juga setengah gelas air minum hangat. Kemudian campurkan garam dan air hangat tersebut sambil di aduk. Berkumurlah dengan air garam tersebut sebanyak 3 kali sehari.

3.       Makan Tomat
     Siapkan satu atau dua tomat yang sudah matang  dan masih segar, kemudian makanlah tomat tersebut atau minumlah jus yang terbuat dari tomat.

4.       Menggunakan Bawang Putih
      Siapkan satu suing bawang putih, lalu kupas dan cuci bawang putih tersebut kemudian hancurkan. Tempelkan bawang putih yang sudah dihancurkan tadi pada luka sariawan tersebut.

5.       Menggunakan Pisang dan Madu
      Siapkan setengah buah pisang dan sedikit madu, haluskan atau hancurkan pisang tersebut lalu campurkan dengan sedikit madu kemudian oleskan pada luka sariawan tersebut. Lakukanlah secara berkala agar mendapatkan hasil yang maksimal.

     Nah, itulah tadi langkah-langkah atau cara meyembuhkan sariawan dengan cara yang alami dan tentunya tidak memerlukan biaya yang banyak. Semoga saja artikel ini dapat menjadi sebuah solusi bagi anda yang sedang mengalami sariawan. Simak juga informasi efek samping positif dan negatif mengkonsumsi durian. Terima kasih dan selamat mencoba.

2 Responses to "Cara Menyembuhkan Sariawan "

  1. Hallo mas darkuni...kunjungan perdana nih. Infomrasinya sangat bermanfaat, salam kenal.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga mba Oryza Sativa, maksih atas kunjungannya, salam kenal juga buat mba.

      Delete