Cara Mengatasi Mulas Saat Haid Dengan Kunyit



         Kunyit atau Kunir (Curcuma Longa, Curcuma Domestica) merupakan rempah yang berasal dari Asia Tengara. Tanaman ini menyebar di Malaysia, Indonesia, Australia dan Afrika. Tanaman ini banyak digunakan sebagai salah satu bumbu masakan, untuk ramuanmenjaga kesehatandan kecantikan serta digunakan untuk bahan membuat jamu. Di Kalimantan tanaman ini dikenal dengan sebutan Janar, di Jawa di sebut Kunir, di Madura disebut Konyet, dan di Jawa Barat disebut Koneng.

         Kunyit termasuk tumbuhan jahe-jahean. Di Asia Kunyit sering digunakan sebagai salah satu bahan bumbu masakan dan juga digunakan sebagai pewarna alami pada sebuah masakan. Dalam dunia obat-obatan dan kesehatan kunyit banyak digunakan sebagai suplemen yang berupa kapsul. Ada banyak kandungan yang terdapat pada kunyit, kandungan –kandungan tersebut diantaranya adalah Lemak, Karbohidrat, Protein, Vitamin C dan Pati. Kunyit juga mengandung senyawa-senyawa yang berkhasiat, senyswa-senyawa tersebut diantaranya adalah Kurkumin dan minyak Asitri yang berguna untuk pengobatan gangguan pencernaan dan Hepatitis.

         Kandungan Vitamin C yang terdapat pada kunyit berkhasiat untuk mencerahkan kulit, memperlancar aliran darah. Selain itu ada banyak lagi manfaat dan khasiat lain dari kunyit, seperti:

-          Meredakan nyeri sendi.
Kunyit berkhasiat meredakan nyeri sendi. Menurut penelitian suplemen yang terbuat dari ekstrak kunyit tidak berbeda dengan obat Ibu profen yang dapat meredakan nyeri sendi.

-          Mengurangi Lemak.
Kandungan Kurkumin yang dimiliki kunyit dapat mencegah akumulasi lemak yang berbahaya pada tubuh manusia.

-          Mengatasi kulit kasar.
Vitamin C yang ada pada kunyit berkhasiat mencerahkan kulit wajah dan dapat mengatasi kulit kasar seperti pada bagian tumit dan siku.

-          Mencegah Infeksi.
Sifat anti bakteri, anti virus dan antibiotik pada kunyit dapat mencegah infeksi yang pada akhirnya dapat mengobati Diabetes dan mengontrolnya.

-          Melindungi fungsi otak.
Kandungan senyawa Arturmeron aromatik yang terdapat pada kunyit dapat membantu perbaikan sel otak. 

       Karena banyaknya kandungan-kandungan dan senyawa-senyawa yang dimiliki oleh kunyit yang juga bisa berkhasiat untuk kecantikan, kunyit pun banyak diolah untuk bahan dasar produk-produk kecantikan. Kunyit juga dapat dijadikan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan jamu, jamu yang terbuat dari bahan dasar kunyit dan campuran rempah-rempah lainnya dapat berkhasiat untuk mengurangi bau badan, menyembuhkan diare, melangsingkan tubuh, mengatasi sariawan, dan dapat juga mengatasi radang amandel.

       Kunyit memang memiliki banyak khasiat, terutam bagi kaum wanita. Kandungan-kandungan yang dimiliki kunyit juga dapat mengatasi beberapa keluhan-keluhan yang sering dirasakan oleh wanita dewasa. Jika meminum ramuan yang terbuat dari kunyit, keluhan- keluhan yang sering dirasakan wanita dewasa seperti haid yang tidak lancer, keputihan, pemberian ASI yang tidak lancer dan perut mulas pada saat haid akan dapat teratasi. Bagaimanakah cara mengatasi mulas saat haid ? Caranya adalah sebagai berikut :

1.       Siapkan 1 rimpang kunyit, 1rimpang jahe, dan setengah rimpang kencur.
2.       Cuci sampai bersih ketiga bahan tersebut, kemudian parut.
3.       Campurkan ketiga bahan tersebut dan beri sedikit air putih kemudian diperas.
4.       Campurkan lagi ketiga bahan tersebut dengan sedikit air jeruk nipis.
5.       Beri sedikit gula dan garam.
6.       Seduh dengan setengah gelas air panas, kemudian saring dan minumlah selagi hangat pada saat anda sedang haid.

       Nah, itulah tadi cara membuat ramuan dari kunyit untuk cara mengatasi mulas saat haid, mudah saja kan? Bahan-bahannya pun sangat mudah kita dapatkan, bahkan bahan-bahan tersebut sering sudah tersedia di dapur anda. Bagi anda yang ingin menghilangkan kerutan diwajah, simak Cara Menghilangkan Kerutan Wajah Dengan Minyak Biji Anggur. Selamat mencoba dan “salam sehat selalu”.

0 Response to "Cara Mengatasi Mulas Saat Haid Dengan Kunyit"

Post a Comment