6 Jenis Makanan Menyehatkan Jantung



     Jantung adalah organ yang berfungsi memompa darah keseluruh tubuh melalui pembuluh darah. Jantung berada dalam rongga dada sebelah kiri. Selama seseorang masih hidup, jantung pada seseorang tersebut akan terus-menerus bekerja memompa darah tanpa henti. Jantung manusia berdenyut lebih dari seratus kali dalam sehari, dengan mekanisme berselang- seling jantung selalu bekerja memompa darah.

      Menjaga kesehatan jantung sangatlah mutlak dan harus dilakukan setiap orang jika ingin menikmati dunia lebih lama lagi. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk dapat menjaga kesehatan jantung . Rajin berolah raga, menghindari stress dan menghindari makanan cepat saji adalah beberapa hal yang tentunya dapat kita lakukan dengan mudah untuk menjaga kesehatan jantung kita. Kesehatan jantung  juga dapat kita jaga dengan cara yang mudah yaitu dengan cara rajin mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Ada beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung dan dapat memperkecil resiko penyakit jantung. 6 Jenis makanan menyehatkan jantung yaitu : 

1.       Sayuran Yang Berwarna Hijau

      Sayuran yang memiliki warna hijau seperti bayam yang banyak mengandung serat dan potassium dipercaya dapat membantu menyehatkan jantung, selain itu rajin mengkonsumsi kangkung juga dapat berkhasiat menyehatkan jantung karena pada jenis sayuran ini banyak mengandung antioksidan serta nitrat.

2.       Ikan

      Ikan memiliki keunggulan yang berbeda disbanding dengan makanan lain, kandungan-kandungan seperti lemak omega 3 dan asam lemak  yang terdapat pada daging ikan yang masih segar diketahui mampu mencegah berkembangnya penyakit jantung. Ikan Lele dan ikan Gabus merupakan dua jenis ikan yang sangat baik dikonsumsi setiap hari. 

3.       Buah-buahan

      Buah-buahan yang banyak mengandung serat ternyata sangat baik untuk kesehatan jantung, buah-buahan yang dapat berkhasiat menjaga kesehatan jantung diantaranya yaitu :
-          Anggur merah, Anggur merah kaya akan flavanoid dan resveratrol yang berkhasiat dapat menyehatkan sel-sel pelapis pembuluh darah.
-          Jeruk , Vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk dapat menurunkan darah diastolic dan dapat meningkatkan fungsi dinding pembuluh darah.
-          Tomat, tomat banyak mengandung lycopene yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan antioksidan.

4.       Kacang-kacangan

      Menurut para ahli kesehatan, orang yang mengkonsumsi kacang-kacangan dan selai kacang sebanyak 5 porsi dalam seminggu memiliki 44% risiko lebih rendah terserang penyakit jantung. Kacang merah, kacang tanah dan kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

5.       Makanan Dan Minuman Berbahan Susu

      Kandungan kalsium yang terdpat pada susu dapat berfungsi untuk menstabilkan denyut jantung. Jenis makanan dan minuman berbahan susu seperti yogurt dan keju sangat baik dikonsumsi secara berkala agar kesehatan jantung tetap terjaga.

6.       Makanan Berbahan Gandum

      Gandum merupakan jenis makanan yang kaya akan karbohidrat, mineral, protein dan antioksidan. Menurut sebuah penelitian, jika mengkonsumsi makanan yang terbuat dari olahan gandum secara rutin akan dapat menurunkan risiko terserang penyakit jantung hingga 28%. Makanan yang terbuat dari gandum mengandung banyak serat yang berfungsi mengikis kolesterol jahat sehingga dapat menurunkan risiko terserang penyakit jantung. Contoh jenis makanan yang terbuat dari gandum yaitu sereal dan roti.

     Nah, sampai disini dulu informasi tentang 6 jenis makanan menyehatkan jantung dari saya, semoga saja sedikit informasi tadi bisa bermanfaat bagi kita semua dan masih ada info Cara Menyembuhkan Sariawan. 

0 Response to "6 Jenis Makanan Menyehatkan Jantung"

Post a Comment