9 Buah-buahan Penurun Hipertensi



     Menurut data WHO terdapat 1 milyar lebih penduduk dunia saat ini yang menderita hipertensi (tekanan darah tinggi). Direktur WHO Margaret Chan mengatakan hipertensi menyumbangkan angka kematian hampir sebanyak 9,4 juta setiap tahunnya. Hipertensi adalah kondisi medis kronis dimana darah menekan dinding arteri yang ada dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan rasa pusing, mual, dan bahkan muntah. Menurut perwakilan WHO untuk Indonesia Dr. Khancit Limpakarnjanarat pada tahun 2008 penderita hipertensi di Indonesia mencapai angka 32 persen, masyarakat yang paling banyak menderita hipertensi terdapat di kepulauan Natuna.

    Penyakit yang banyak menyerang orang dewasa ini merupakan salah satu penyebab stroke dan serangan jantung. Penyebab penyakit ini bermacam-macam, diantara penyebab-penyebab hipertensi yaitu strees, terlalu banyak mengkonsumsi garam, sering mengkonsumsi alcohol, sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan pola makan yang tidak teratur. Hipertensi dapat dicegah dengan mengatur pola makan yang baik dan benar, berolah raga secara teratur dan mengkonsumsi makanan bergizi yang seimbang.

     Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, namun ternyata ada cara yang paling mudah yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan tertentu. 9 buah-buahan penurun hipertensi yaitu sebagai berikut :

1.       Mentimun (ketimun)

      Mentimun mengandung mineral potassium yang tinggi sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi).

2.       Pisang

       Buah yang harganya tidak mahal dan sangat mudah kita temukan ini, ternyata juga kaya akan potassium yang dapat berkhasiat menurunkan darah tinggi.

3.       Anggur

      Buah ini mengandung Vitamin C, pectin, lycopene dan asam folat yang dapat membantu menyehatkan pembuluh darah serta dapat membantu menyingkirkan kolesterol jahat pada arteri.

4.       Apel

      Buah yang satu ini juga mengandung potassium, pectin dan serat alami yang dapat mengikat kolesterol dan racun yang ada dalam tubuh.

5.       Kiwi

       Buah yang aslinya berasal dari Shaanxi, China ini kaya akan Vitamin C, antioksidan serta potassium sehingga juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

6.       Jeruk

       Jika dikonsumsi secara rutin dan berkala buah ini juga berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi, karena buah ini juga mengandung pectin dan potassium yang mampu melancarkan sirkulasi darah.

7.       Tomat

      Buah yang sering dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan saos ini ternyata juga kaya akan lycopene dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

8.       Strawberry

       Buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam ini banyak mengandung senyawa-senyawa alami diantaranya adalah anthocyanin yang juga dapat berfungsi mencegah tekanan darah tinggi.

9.       Alpukat

       Alpukat adalah buah yang lumayan banyak  mengandung beta-sitosterol dan asam oleat yang juga dapat berfungsi menurunkan kadar kolesterol pada darah.

     Itulah tadi informasi dari saya tentang 9 buah-buahan penurun hipertensi (tekanan darah tinggi). Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat. Masih ada lagi info bermanfaat lain yaitu 6 Jenis Makanan Menyehatkan Jantung.

0 Response to "9 Buah-buahan Penurun Hipertensi"

Post a Comment