5 Buah-buahan Penurun Kolesterol



        Kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol yang berada pada membrane sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh manusia merupakan salah satu pemicu munculnya berbagai penyakit. Untuk menghindari kolesterol yang tinggi dapat dilakukan dengan cara rajin mengkonsumsi buah-buahan, rajin berolahraga dan dengan pola makan yang teratur. Kolesterol terbagi dalam dua kategori,  yaitu kolesterol kategori HDL dan kolesterol kategori LDL. Kolesterol kategori HDL adalah kolesterol yang tidak terlalu berbahaya bagi tubuh, karena kolesterol ini dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh manusia. Sedangkan kolesterol kategori LDL adalah kolesterol jahat yang berdampak buruk bagi tubuh manusia dan dapat memicu munculnya penyakit.

        Pola makan yang teratur, rajin mengkonsumsi buah-buahan dan rajin berolah raga adalah cara yang terbaik dan termudah untuk menghindari dan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa hanya orang-orang yang berbadan gemuk saja yang akan mengalami kadar kolesterol tinggi, namun sebenarnya orang yang berbadan kurus pun dapat mengalami kadar kolesterol tinggi. Hal itu dikarenakan pengaruh enzim tubuh yang berada di hati.

        Menjaga keseimbangan kadar kolesterol pada tubuh adalah hal yang sangat penting, hal itu dapat dilakukan dengan menghindari jenis-jenis makanan yang banyak mengandung minyak dan juga makanan yang mengandung lemak jenuh seperti pada keju, lemak babi, daging merah dan sosis.

        Cara yang paling mudah untuk menghindari dan menurunkan kadar kolesterol yaitu dengan membiasakan mengkonsumsi buah-buahan, ada 5 buah-buahan yang khasiatnya dapat menurunkan kadar kolesterol. 5 buah-buahan penurun kolesterol tersebut yaitu:

1.       Alpukat
  
      Jika kita rajin mengkonsumsi buah alpukat maka akan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, karena buah alpukat mengandung lemak tak jenuh ( lawan dari lemak jenuh).

2.       Citrus
        Buah ini mengandung zat pectin yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, selain mengandung zat pectin buah ini juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

3.       Delima
        Mengkonsumsi buah delima secara rutin akan berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat, karena buah delima memiliki kandungan yang mampu mengurangi penumpukan kolesterol.

4.       Apel

       Selain baik untuk diet, mengkonsumsi apel ternyata juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, kandungan yang terdapat pada buah apel mampu membersihkan arteri dari kolesterol jahat.

5.       Blueberry
        Blueberry merupakan buah yang juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu buah ini juga bermanfaat mencegah kanker,  karena buah ini mengandung antioksidan.

         Selain dengan cara mengkonsumsi 5 buah-buahan, rajin berolahraga, diet, dan merubah gaya hidup kadar kolesterol jahat juga dapat diturunkan  dengan meminum teh hijau secara teratur. Teh hijau memiliki kandungan-kandungan yang terbukti dapat mengikat lemak dan membuangnya dari dalam tubuh.

        Demikian artikel 5 buah-buahan penurun kolesterol ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa membantu anda yang sedang mengalami kadar kolesterol tinggi. Sekian dan terima kasih. Alangkah baiknya jika anda juga menyimak Cara Membuat Kulit Jus Manggis.

0 Response to "5 Buah-buahan Penurun Kolesterol"

Post a Comment