Khasiat dan Manfaat serta Efek Samping Mengkonsumsi Daun Katuk



       Saoropus Androgynus atau yang sering disebut katuk merupakan salah satu tumbuhan sayuran yang memiliki daun berwarna hijau. Daun atau pucuk katuk sangat baik untuk dikonsumsi bagi ibu-ibu hamil atau bagi ibu-ibu yang sedang menyusui. Tanaman yang temasuk dari suku phyllanthaceae ini banyak tumbuh subur dikawasan Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia. Vitamin A, Vitamin K, Protein, Fosfor, dan Kalium adalah beberapa kandungan yang terdapat pada daun katuk.


       Daun (pucuk) katuk memiliki beberapa khasiat diantaranya :
-          Dapat memperkuat tulang karena memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak.
-          Mampu meminimalisir gangguan mata karena adanya kandungan vitamin A.
-          Dapat memperbanyak dan memperlancar pemberian ASI (Air Susu Ibu) untuk bayi.
-          Dapat membersihkan darah kotor.
-          Jika dikonsumsi secara teratur dapat meningkatkan gairah seks.


       Di Indonesia khususnya di Kalimantan, katuk merupakan salah satu sayauran yang cukup populer. Jenis sayuran yang satu ini sangat mudah ditanam yaitu hanya dengan menancapkan batang nya kedalam tanah. Katuk banyak ditanam disekitar persawahan, pekarangan, dan dipinggir-pinggir kolam. Daun katuk tidak hanya dapat digunakan sebagai sayuran seperti di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, masyarakat disana juga menjadikan daun katuk yang sudah berwarna hijau tua sebagai bahan pewarna alami untuk pembuatan kue-kue tradisional dan sebagai pewarna alami untuk pembutan tapei beras. Mayarakat disana mempercayai bahwa selain memiliki rasa yang lebih enak, kue-kue atau makanan yang menggunakan pewarna alami dari daun katu juga memiliki aroma tersendiri.
       Nah setelah kita mengetahui cukup banyak tentang khasiat dan manfaat dari daun katuk, tentunya tidak ada salahnya bagi anda mengkonsumsi sayur daun katuk secara teratur khususnya bagi anda ibu-ibu yang sedang hamil dan sedang menyusui mengingat pentingnya pemberian ASI yang lancer bagi bayi anda. Meski memiliki khasiat khasiat dan manfaat yang cukup banyak, namun perlu diketahui ternyata daun katuk juga memiliki efek samping yang negatif jika dikonsumsi jika dikonsumsi secara berlebihan. Efek samping tersebut adalah munculnya rasa pusing dan mual hal ini dikarenakan pada daun katuk juga terdapat kandungan alkaloid (papaverina).
      Akhirnya sampai sudah kita dipenghujung artikel ini, demikianlah informasi singkat dan sederhana mengenai khasiat dan manfaat serta efek samping mengkonsumsi daun katuk. Terima kasih dan mudah-mudahan informasi tadi ada manfaatnya.    

1 Response to "Khasiat dan Manfaat serta Efek Samping Mengkonsumsi Daun Katuk"

  1. Yang butuh bibit Delima (putih, merah ungu/hitam) bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 Siap kirim ke seluruh Indonesia. Trims Prabowo Jogja, Jakarta, Bandung, Medan, Denpasar, Balikpapan

    ReplyDelete